09
Dec

Kawasan Tangerang Mulai Jadi Incaran Pasar Properti Apartemen

 

Kawasan Tangerang dewasa ini menjadi salah satu kawasan yang dianggap paling potensial dari segi pasar properti apartemen. Kawasan ini mulai menjadi incaran pengembang properti untuk mencakup pasar yang lebih luas lagi.

Hasil survei JLL Indonesia mengungkapkan bahwa Tangerang dan area sekitarnya mendominasi suplai properti di wilayah Jabodetabek sebesar 54 persen, yang kemudian diikuti oleh Bekasi sebesar 22 persen, Depok sebesar 16 persen, dan Bogor sebesar 8 persen.

Data JLL mengungkapkan bahwa terdapat 62.513 unit yang terjual dari total 160 proyek kondominium di kawasan Jabodetabek.

“Kami melihat banyak yang suka tinggal di Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor karena ketersediaan fasilitas di kompleks kondominium itu, misalnya area terbuka dan taman. Termasuk dengan adanya transportasi umum,” ucap James Taylor selaku Head of Research JLL.

Anton Sitorus, Head of Research and Consultancy Savills Indonesia, mengungkapkan bahwa kesiapan wilayah Tangerang menjadi penyebab pengembang terus membangun apartemen.

Anton mengatakan, konsumen tertarik membeli hunian di kawasan ini karena pengembang besar sudah mulai membangun di sini sejak lama dan tingkat perekonomiannya juga cukup menunjukan tren positif.

Dalam rentang waktu 2015-2018, jumlah apartemen di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) mencapai angka 13.800 unit.

Berdasarkan hasil riset Savills Indonesia, diperkirakan hingga 2022 terdapat tambahan sebanyak 129.000 unit apartemen baru. Jumlah tersebut melampaui proyeksi apartemen yang ada di Jakarta yaitu sebanyak 50.000 unit baru sampai tahun 2023.

Anton mengungkapkan bahwa pasokan apartemen yang melimpah hingga beberapa tahun ke depan di Bodetabek didorong oleh keyakinan para pengembang terkait dengan permintaan hunian di kawasan tersebut yang akan terus menunjukkan tren peningkatan.

Selain itu, transportasi dan  pembangunan infrastruktur yang semakin memadai juga semakin mempermudah masyarakat yang tinggal di kawasan Bodetabek untuk menjangkau Jakarta.

Dia menambahkan, fasilitas penunjang residensial bagi penghuni apartemen juga cukup membantu, seperti pusat pendidikan, rumah sakit, dan fasilitas komersial. “Walaupun daerah lain sekitar Jakarta juga mulai bersaing seperti Bekasi, Sentul, dan Bogor,” ujarnya.

Dari seluruh jumlah apartemen di Bodetabek tersebut, mayoritas atau sebanyak 57 persen berada di kawasan Tangerang. Rata-rata pasar yang dituju atau dijadikan target adalah segmen menengah bawah.

Selengkapnya: https://www.tangerangnews.com/properti/read/29132/Kawasan-Tangerang-Mulai-Jadi-Incaran-Pasar-Properti-Apartemen